Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster
Unsur-unsur iklan,
slogan ataupun poster:
-
Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
-
Slogan : kata-kata dan suara
-
Poster : gambar dan kata-kata
C. Unsur-unsur
Pembentuk
Iklan, poster dan slogan terdiri dari beberapa unsur
yang membangun ketiganya. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat dipahami secara
lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber,
pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
1.
Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari
pemasangan suatu iklan..
2.
Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan
verbal dan pesan nonverbal.
3.
Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan
sarana-saran lainnya.
4.
Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran
atau objek iklan.
5.
Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam
aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
6.
Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari
penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian
narkoba.
Tidak ada komentar: