Ads Top

Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster




Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
-          Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
-          Slogan : kata-kata dan suara
-          Poster : gambar dan kata-kata

C. Unsur-unsur Pembentuk
Iklan, poster dan slogan terdiri dari beberapa unsur yang membangun ketiganya. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat dipahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
1.                  Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..
2.                  Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
3.                  Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
4.                  Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
5.                  Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
6.                  Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

Tidak ada komentar:

zakifahrizal. Diberdayakan oleh Blogger.