Ads Top

Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang berhubungan dengan pengetahuan, pengenalan, dan keterampilan, serta kemampuan intelektual (Gulo, 2008:50). Kemampuan kognitif merupakan hasil belajar siswa yang berhubungan dengan kemampuan intelektual. Kemampuan kognitif memiliki enam tingkatan yang terdiri dari mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) yang disajikan dalam Tabel 1 dibawah ini.
Tabel 1. Tingkatan-tingkatan kemampuan kognitif
Tingkatan
Keterangan
Mengingat (C1)
Tingkatan kemampuan yang mengambil pengetahuan dari memori jangka panjang. Tingkatan ini meliputi mengenali dan mengingat kembali.
Memahami (C2)
Tingkatan kemampuan yang mengkonstruksi makna dari materi pembelajaran yang diucapkan, dituliskan dan digambarkan oleh guru. Tingkatan ini meliputi menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan.
Mengaplikasikan (C3)
Tingkatan kemampuan yang menerapkan atau menggunakan suatu prosedur dalam keadaan tertentu. Tingkatan ini meliputi mengeksekusi dan mengimplementasikan.
Menganalisis (C4)
Tingkatan kemampuan yang memecah-mecah materi jadi bagian-bagian penyusunnya, menentukan hubungan-hubungan antar bagian dan hubungan antara bagian-bagian tersebut serta keseluruhan struktur atau tujuan. Tingkatan ini meliputi membedakan, mengorganisasikan dan mengatribusikan.
Mengevaluasi (C5)
Tingkatan kemampuan yang mengambil keputusan berdasarkan kriteria dan/atau standar. Tingkatan ini meliputi memeriksa dan mengkritik.
Mencipta (C6)
Tingkatan kemampuan yang memadukan bagian-bagian untuk membentuk sesuatu yang baru dan koheren atau untuk membuat suatu produk yang orisinal. Tingkatan ini meliputi merumuskan, merencanakan dan memproduksi.

          Anderson & Krathwohl, 2010: 44-45)

Tidak ada komentar:

zakifahrizal. Diberdayakan oleh Blogger.