Kemampuan Kognitif
Kemampuan
Kognitif
Kemampuan kognitif
merupakan kemampuan yang berhubungan dengan pengetahuan, pengenalan, dan
keterampilan, serta kemampuan intelektual (Gulo, 2008:50). Kemampuan kognitif
merupakan hasil belajar siswa yang berhubungan
dengan kemampuan intelektual. Kemampuan kognitif memiliki enam tingkatan
yang terdiri dari mengingat (C1), memahami (C2),
mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5),
dan mencipta (C6) yang disajikan dalam Tabel 1 dibawah ini.
Tabel
1. Tingkatan-tingkatan kemampuan kognitif
Tingkatan
|
Keterangan
|
Mengingat (C1)
|
Tingkatan kemampuan yang mengambil pengetahuan dari
memori jangka panjang. Tingkatan ini meliputi mengenali dan mengingat
kembali.
|
Memahami (C2)
|
Tingkatan kemampuan yang mengkonstruksi makna dari
materi pembelajaran yang diucapkan, dituliskan dan digambarkan oleh guru.
Tingkatan ini meliputi menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan,
merangkum, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan.
|
Mengaplikasikan (C3)
|
Tingkatan kemampuan yang menerapkan atau menggunakan
suatu prosedur dalam keadaan tertentu. Tingkatan ini meliputi mengeksekusi
dan mengimplementasikan.
|
Menganalisis (C4)
|
Tingkatan kemampuan yang memecah-mecah materi jadi
bagian-bagian penyusunnya, menentukan hubungan-hubungan antar
bagian dan hubungan antara
bagian-bagian tersebut serta keseluruhan struktur atau tujuan. Tingkatan ini
meliputi membedakan, mengorganisasikan dan mengatribusikan.
|
Mengevaluasi (C5)
|
Tingkatan kemampuan yang mengambil keputusan
berdasarkan kriteria dan/atau standar. Tingkatan ini meliputi memeriksa dan
mengkritik.
|
Mencipta (C6)
|
Tingkatan kemampuan yang memadukan bagian-bagian
untuk membentuk sesuatu yang baru dan koheren atau untuk membuat suatu produk
yang orisinal. Tingkatan ini meliputi merumuskan, merencanakan dan
memproduksi.
|
Anderson & Krathwohl, 2010: 44-45)
Tidak ada komentar: