Ads Top

MATERI GRAFIK, TABEL, DENAH, DAN BAGAN

GRAFIK
Grafik gambaran naik turunnya suatu keadaan/hasil baik dengan garis atau gambar. Penyampaian grafik kepada peserta didik  dalam mata pelajaran bahasa Indonesia selain untuk melatih kompetensi berpikir runtut dan logis juga untuk membahasakan isi grafik.  Jadi hal-hal yang berhubungan dengan grafik adalah dari segi membahasakannya. Untuk itu hal-hal yang dapat dilatih dalam membaca grafik antara lain menyimpulkan, membuat pernyataan yang sesuai dengan isi grafik, atau membuat pertanyaan. Jika siswa disuruh untuk menyimpulkan isi grafik maka unsur-unsur yang terdapat dalam grafik harus tercakup di dalamnya bukan bagian-bagian unsur saja.
Misalnya :
Kenaikan suku bunga pada bulan Mei sangat signifikan (bukan simpulan)
Kenaikan suku bunga pada kwartal pertama tahun ini mengalami peningkatan. (simpulan)


TABEL
Tabel, daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara sistematis, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
Pada pembelajaran tabel ini hindari hal-hal yang berhubungan dengan hitung-hitungan angka kalau pun terpaksa siswa suruh menghitung tetapi itu bukan tujuan akhir pembelajaran tabel ini. Sama halnya seperti bagan  dan grafik, tabel pun menuntut pembahasaan mengenai isi tabel. Oleh karena itu sebagai bahan latihan dapat saja siswa diasah kompetensi dengan membuat pertanyaan, pernyataan, dan simpulan isi tabel.

DENAH ATAU PETA
Denah/peta merupakan gambaran yang menunjukkan suatu tempat atau jalan.  Dalam membaca denah harus memperhatikan arah mata angin. Penunjukkan arah dengan menggunakan istilah kanan dan kiri adakalanya kurang tepat sasaran. Penyajian denah dimaksudkan untuk menentukan perjalanan yang paling cepat dan tepat (efektif) dari suatu tempat ke tempat lain.  Memahami ilustrasi dengan benar sangat penting dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan denah ini.

BAGAN

Bagan merupakan gambaran secara analisis tentang suatu keadaan atau  suatu urutan proses yang terjadi. Dalam membaca bagan melatih siswa untuk berpikir secara holistik maupun parsial. Hal-hal yang dapat dilatihkan kepada siswa antara lain membuat suatu pernyataan, simpulan, atau pertanyaan  yang sesuai dengan bagan.

Tidak ada komentar:

zakifahrizal. Diberdayakan oleh Blogger.